Selasa, 31 Juli 2012

coba TenGOK Manfaat HiJAb

Monyet sekalipun, dia hanya mau makan pisang yang masih dibungkus kulit. Ga percaya?? Nih liat buktinya! Kulitnya baru dibuka kan?
Hello, my name is Momon and I love fresh banana
.
Nah, monyet aja tau barang bagus, yaitu yang masih terbungkus rapi. Masa kita kalah ama monyet? Hehehe..
.
Menutup aurat pun demikian, karena ini adalah perintah langsung dari Allah Swt, maka sudah pasti ada hikmah dan manfaat dibaliknya. Begitu banyak manfaat yang didapat, dan inilah 7 manfaat terbesar dari memakai hijab.
.
1. Tanda ketaatan wanita shalihah
Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa Allah Swt telah memerintahkan para wanita muslim untuk memakai hijab. Ini adalah sebuah perintah, dan ketaatan seorang wanita shalihah dapat diukur dari sejauh mana ia mentaati segala perintah yang datang kepadanya. Hal ini berlaku secara universal tanpa mengenal batasan umur, dan bukan saja bagi para wanita yang sudah menikah, namun juga bagi para gadis manis yang masih muda belia.
.
Beruntunglah jika teman-teman bisa termasuk dalam golongan wanita yang shalihah, karena wanita shalihah itu perhiasan paling baik di dunia yang mengalahkan tumpukan emas, perak, intan, ataupun kristal permata sekalipun. Perhiasan di sini bisa bermakna sebagai keindahan. Kemuliaannya digambarkan dalam hadits, “Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)
.
Wanita shalihah memiliki peran yang sangat besar dalam keluarga, bahkan dalam membangun suatu bangsa. Kita sudah sering mendengar suatu ungkapan, “Di balik laki-laki yang hebat, pasti ada wanita yang hebat pula di belakangnya.” Khalifah Umar bin Khattab juga pernah mengatakan, “Laki-laki sukses itu dilihat dari dua hal, yang pertama siapa ibunya dan yang kedua siapa istrinya.”
.
Ini maknanya, peran wanita shalihah sangat signifikan. Bisa dibayangkan kalau saja di belakang semua laki-laki muslim di dunia ini adalah para wanita yang shalihah serta tangguh, tak terbayangkan betapa banyak kesuksesan yang bisa diraih. Maka tidak berlebihan jika ada yang mengatakan bahwa wanita itu adalah tiang negara. Jika sebuah gedung memiliki tiang-tiang yang rapuh atau bahkan patah, sudah pasti gedung tersebut akan hancur dan rata dengan tanah.
.
Maka beruntunglah bagi setiap laki-laki yang bisa mendapatkan wanita yang shalihah sebagai istrinya. Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa diberi istri yang shalihah, sesungguhnya ia telah diberi pertolongan untuk meraih separuh agamanya. Hendaklah ia bertakwa kepada Allah Swt dalam memelihara separuh lainnya.” (HR. Thabrani dan Hakim)
.
2. Melindungi tubuh dan kulit dari radiasi ultraviolet
Sekarang mari kita belajar biologi. Meskipun dulu di kelas saya sering tidur waktu pelajaran biologi dan sering dihukum lari keliling lapangan, tapi ya masih lumayan ada yang nempel di kepala hehe..
.
Matahari adalah sumber kehidupan di muka bumi ini. Begitu banyak manfaatnya, seperti proses fotosintesis pada tanaman dan menghasilkan vitamin D yang berperan dalam pembentukan tulang. Bagi tubuh kita sendiri, sinar matahari akan bermanfaat jika dalam kadar jumlah yang sedikit. Sinar matahari yang berlebihan justru akan dapat membahayakan kulit.
.
Matahari menghasilkan radiasi kuat bernama sinar Ultra Violet (UV). Allah Swt menciptakan atmosfer dan lapisan ozon untuk menghambat sinar radiasi UV sampai ke permukaan bumi. Tapi permasalahannya sekarang adalah lapisan ozon semakin menipis akibat pemanasan global. Kondisi ini menyebabkan sinar UV memiliki potensi lebih besar untuk mengenai kulit secara langsung tanpa disaring oleh lapisan ozon.
.
Radiasi UV sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai kerusakan kulit secara permanen, seperti sunburn (kulit merah-merah), kulit terbakar, merusak DNA serta menyebabkan noda-noda cokelat. Hasil riset terbaru juga menunjukkan bahwa radiasi UV dapat menyebabkan kanker kulit.
.
Kulit mempunyai sistem perlindungan alami yaitu lapisan melanin. Semakin cokelat atau hitam warna kulit, maka semakin tebal lapisan melanin pada kulit. Namun bagi orang berkulit putih, harus hati-hati karena memiliki lapisan melanin yang lebih tipis dibanding orang kulit hitam, yang berarti rentan terhadap radiasi UV. Makanya, bersyukurlah bagi orang-orang yang ditakdirkan memiliki kulit hitam manis hehe..
.
Untuk itu diperlukan suatu perlindungan yang menyeluruh terhadap kulit, terutama kulit kepala kita yang setiap harinya langsung terkena sinar matahari. Caranya bagaimana? Ya dengan memakai jilbab! Tindakan preventif yang praktis, ga ribet, dan murah meriah bukan? jilbab berguna untuk menutupi kulit untuk meminimalkan sapuan sinar radiasi UV yang mengenai kulit. Jilbab juga mampu untuk mencegah penuaan dini akibat sinar matahari.
.
Berbagai produk kecantikan atau krim-krim pelindung kulit yang paling mahal sekalipun tidak akan mampu melindungi kulit secara total dari ganasnya sinar matahari, terutama radiasi UV. Untuk itulah, sangat dianjurkan bagi kaum wanita untuk melindungi kulit dan tubuhnya dengan mengenakan jilbab.Ternyata, jilbab bisa memberikan manfaat dunia dan akhirat! Jadi, mau pada cantik dan kulitnya mulus kan? Mudah saja.. Pakailah jilbab!
.
3. Seperti Bidadari Surga
“Dalam Surga itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, mereka tak pernah disentuh seorang manusia ataupun jin sebelumnya.” (QS. Ar-Rahman [55]: 56)
.
Wanita mana yang tidak ingin menjadi bidadari Surga?? Ayo ngacuungg! Pastinya setiap wanita ingin menjadi seorang bidadari Surga. Jangankan bidadari Surga, bagi sebagian wanita, disamakan seperti Angelina Jolie atau Megan Fox aja senengnya udah setengah mati. Bahkan banyak yang mencoba mengikuti gaya mereka. Itu baru Angelina Jolie atau Megan Fox, gimana kalo disamakan seperti Bidadari Surga??
.
Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti seorang bidadari Surga, yaitu menundukkan pandangan, tidak mudah tersentuh dan senantiasa menjaga kehormatan diri dan keluarga. Dalam Al-Quran, digambarkan seorang bidadari Surga seperti permata yakut dan marjan atau laksana telur yang tersimpan rapi dan belum tersentuh.
.
Para bidadari Surga adalah wanita yang mulia. Di dunia ia menjadi cahaya bagi keluarganya, melahirkan generasi tangguh yang didambakan, dan di akhirat nanti, Allah Swt akan menjadikannya bidadari Surga. Inilah sosok wanita yang benar-benar dicari dan didambakan.
.
4. Terhindar dari pelecehan seksual
Pelecehan seksual yang kerap dialami wanita pada masa sekarang ini, sebagian besar karena berasal dari tingkah laku mereka sendiri. Ilustrasinya seperti ini nih… Misalkan ada 2 wanita yang sedang berjalan di pasar, sebut saja A dan B. Wanita A pake bikini dan wanita B memakai hijab. Lalu kalo ada pria iseng yang pengen godain, kira-kira instingnya bakal godain wanita A atau B?
.
Sebagai seorang pria, jawaban saya tentunya yang A dong hehee.. Kemungkinan wanita A untuk mendapatkan pelecehan seksual sangat tinggi. Pelecehan seksual disini bisa dari yang paling ringan seperti disuit-suit, atau yang paling berat, seperti diperkaos. Makanya tidak heran banyak sekali pelecehan seksual yang dialami oleh wanita, terutama di negara-negara bebas seperti Amerika ataupun Eropa.
.
Dengan memakai jilbab, akan mengurangi kemungkinan hal tersebut terjadi dan juga bisa menambah pahala! Coba perhatiin nih, Kalo misalkan ada cewe pas masih pake hot pants, cowo-cowo godainnya, “suiiittt.. suiiitt.. piwiitttt..” Tapi setelah cewe itu berjilbab, godainnya jadi, “Assalamu’alaikum Bu Hajii..” Nah, Enak kan? Keuntungan buat cewe itu, karena secara tidak langsung godaan itu malah berupa salam yang mendoakannya.
.
Wanita itu memang merupakan fitnah (godaan) yang paling besar bagi kaum laki-laki. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw. “Sepeninggalku tak ada fitnah (godaan) yang lebih berbahaya bagi kaum laku-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari)
.
Kalo wanita pada zaman Rasulullah saja yang konsisten memakai jilbab dalam kehidupannya sehari-hari tetap bisa menjadi fitnah terbesar bagi laki-laki, lalu bagaimana dengan wanita zaman sekarang yang sudah semakin ruarrr biasa?? :D
.
Untuk itu, pakailah jilbab agar tidak digoda, ya meskipun itu memang bukan sebagai jaminan, tapi paling tidak mengurangi peluang tersebut terjadi. Di mata lelaki, wanita berjilbab lebih dihargai, dan biasanya lelaki agak segan untuk menggoda wanita berjilbab.
.
5. Lebih cantik dan kelakuan akan lebih baik
Wanita yang mengenakan berhijab akan terlihat lebih cantik, manis, imut dan unyu. Dari dalam dirinya, akan terpancar kecantikan dalam atau istilah kerennya “inner beauty”. Kecantikan sejati memang bukan hanya dari tampilan fisik luar, namun juga berasal dari hati yang bersih dan pikiran yang positif. Dengan berhijab, maka akan muncul segala aura kecantikan alami tersebut.
.
Selain itu, saat seseorang memakai hijab, InshaAllah kelakuannya akan lebih baik. Lebih dari 80% orang yang berhijab akan timbul dari dalam dirinya untuk lebih ingin memperbaiki akhlak dan sikap. Pastinya akan ada perasaan malu  saat berbuat yang tidak semestinya. Misalkan, masa pake jilbab tapi clubbing, kan ga lucu dong? Bisa-bisa malah menjelekkan namanya sendiri, dan pasti mereka ga mau itu terjadi.
.
Biasanya hijab akan menjadi seperti magnet dan alat control bagi yang memakainya. Nanti kalo mau aneh-aneh langsung deh diingetin temennya, “Woi lo kan pake jilbab, masa kelakuannya gini sih?” nah tu cewe yang pake jilbab pasti langsung sadar, “oh iya ya gw pake jilbab” :D
.
Temen-temen dan beberapa sahabat saya juga dulu waktu ga pake jilbab seneng banget pergi sana sini loncat sana sini. Tapi pas udah pake jilbab, meskipun waktu awal-awal masih ada, tapi lambat laun perilaku itu berubah seiring bertambahnya umur mereka. Mungkin udah pada sadar dan tobat juga hehee..
.
Kesimpulannya, seluruh perempuan itu cantik, yang membedakan hanya akhlak dan perilakunya saja. Dengan berhijab, InshaAllah pemakainya akan selalu berusaha untuk terus istiqomah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, menjaga perilaku serta tindakan kita untuk berbuat kebaikan
.
6. Identitas sebagai seorang muslimah jelas
“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab [33]: 59)
.
Dengan menggunakan hijab, maka identitas wanita tersebut akan lebih mudah dikenali dan sangat jelas sebagai seorang muslimah. Otomatis orang-orang di sekitarnya akan lebih menghargai dan memperlakukannya sebagai seorang muslimah.
.
Wanita yang memakai hijab pun biasanya dijaga oleh Allah Swt. Biasanya nih ya, kalo orang pake jilbab masuk ke restoran yang ada unsur babinya, pasti langsung diingatkan oleh petugasnya, seperti “maaf bu, di restoran ini tidak halal karena ada si b-a-b-i”.Nah jadi dengan berjilbab, InshaAllah kita akan terjaga dan makanan yang masuk ke tubuh kita pun halal, enak kan?
.
7. Peluang Bisnis Yang Dahsyat
Ini manfaat ke-7 yang sangat luar biasa, tapi banyak orang yang mungkin tidak melihatnya. Sebagai seorang dengan berlatar belakang bisnis, saya melihat sebuah peluang dari pertumbuhan busana muslim yang akan terus meningkat. Tentunya ini berdasarkan data dan fakta. Saat ini, nilai transaksi global busana muslim mencapai 100 miliar USD per tahun atau sekitar 900 Triliun Rupiah. Dari jumlah itu, transaksi di industri busana muslim Indonesia mencapai 10 miliar USD, atau sekitar 90 Trilyun Rupiah! Can’t you see how big the market is?
.
Selain itu, ada 5 faktor pendukung kenapa Indonesia sangat potensial untuk industri ini. Pertama, dari sisi potential market, sekurang-kurangnya ada sekitar 87% penduduk Indonesia yang beragama Islam. Kita adalah negara dengan penduduk muslim TERBESAR di dunia. Kalo jumlah total penduduk 230 juta, berarti ada sekitar 200 juta lebih penduduk muslim. Kita ambil paling rendahnya saja, kalo ada 1 juta orang saja wanita yang memakai hijab, apa itu bukan menjadi peluang bisnis yang sangat luar biasa?
.
Kedua, busana muslim sekarang telah menjadi fashion lifestyle yang mendunia dan salah satu ikon bisnis fashion global yang turut digarap perancang dari rumah mode terkenal seperti Hermes dan Gucci. Mereka sudah banyak yang mencoba masuk ke pasar dunia muslim, terutama Asia dan Timur Tengah. Sangat disayangkan kalau pangsa pasar yang begitu luar biasa besarnya ini tidak dimanfaatkan oleh para designer muslim, terutama Indonesia. My dream, stempel “Made In Indonesia” harus ada dimana-mana!
.
Ketiga, fashion busana muslim Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi kiblat fashion busana muslim dunia, karena negara ini memiliki berbagai keunikan dan ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh negara manapun. Untuk itu, para designer / calon designer muslim yang akan masuk ke pasar ini harus bisa meningkatkan daya saing dan memenangkan kompetisi pasar, baik di dalam negeri maupun pasar global. Kreativitas dan terus berinovasi adalah kuncinya.
.
Keempat, bergesernya busana muslim dari busana musiman menjadi busana harian. Dulu orang pake jilbab biasanya kalau mau pergi ke kondangan, pengajian, atau pas bulan Ramadhan, Idul Fitri & Idul Adha. Tapi sekarang ada indikasi kuat naiknya tingkat kesadaran masyarakat, terutama wanita muslim, untuk menjalankan syariat. Hal ini bisa terlihat dari meningkatnya orang yang menggunakan busana muslim dalam setiap event. Bahkan kini memakai jilbab menjadi sarana untuk mempercantik diri.
.
Kelima, belum adanya usaha skala besar dalam industri busana muslim. Jika saja ada pengusaha atau investor besar yang berani masuk dalam industri ini dan dilakukan secara professional, saya yakin 1000% industri ini akan meningkat pesat. Karena selama ini industri garmen muslim dihasilkan dari home industry skala rumahan. Kalau saja bisa dilakukan secara mass production, pastinya bisa menekan cost dan control quality lebih oke. Belum lagi kalo didukung dengan marketing dan distribusi yang handal, udah pasti top!
.
Selain itu, belakangan ini kalo saya perhatikan, trend fashion baju muslim lebih terdengar gaungnya dibanding fashion lainnya. Dengan beragam model pakaian, bermacam gaya hijab, bervariasinya bahan dan warna baju muslim membuat pamor Islam terangkat dan menaikkan gengsi busana muslim. Kita harus tunjukkan bahwa Islam bukan hanya dekil, kumuh, dan kotor. Tapi Islam adalah agama yang mengajarkan kebersihan, keindahan dan kecantikan.
.
Coba bayangkan, kalau industri ini jalan dari hulu ke hilir, akan banyak sekali yang tertolong. Dari mulai para pengrajin, para penjahit pakaiannya, para distributor, hingga ke customer. Secara tidak langsung kita juga akan banyak membantu para penjahit pekerja garmen agar terus memiliki pekerjaan dan menyambung hidup mereka. Roda perekonomian pun akan terus produktif.
.
Pada akhirnya, fenomena ini harus ditangkap sebagai sebuah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Siap menangkap peluang ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar